Kandungan Zat dan Manfaat buah Bengkuang

Posted on March 7, 2011

0


Bengkoang-Bengkuang

Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk  kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam  bengkuang yang  paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam  bengkuang adalah  fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah  yang mengandung  kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah  mengkonsumsinya  dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan  deposit-deposit lemak  yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh  karena itu, bengkuang  dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan Zat Gizi Bengkuang per 100 gram
Energi 55 kal
Protein 1.4 gr
Lemak 0.2 gr
Karbohidrat 12.8 gr
Kalsium 15 mg
Fosfor 18 mg
Vitamin A 0 SI
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamin C 20 mg
Besi 0.6 mg *

KOMPAS.com – Bahan-bahan alami yang kaya nutrisi telah lama diandalkan sebagai sumber perawatan terbaik bagi tubuh kita. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan manfaat semua bahan alami itu dengan cara mengonsumsi atau mengolahnya sesuai anjuran dari para ahli gizi. Namun, efek sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar.

Hal ini dijelaskan oleh Mary Lupo, MD, spesialis kulit bidang klinis di Tulane University School of Medicine. Ia lantas mengemukakan solusi lain yang lebih efektif, yaitu dengan cara mengaplikasikan bahan-bahan alami itu pada tubuh kita. Salah satu contoh penggunaan bahan alami untuk kecantikan yang mungkin sudah Anda kenal adalah bengkuang (sering juga disebut bengkoang).

Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkuang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkuang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan.

Sementara itu, dalam penelitian berjudul The Exploration of Whitening and Sun Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus erosus) oleh Endang Lukitaningsih dari Universitat Wurzburg, Jerman, disebutkan bahwa bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Anjuran pemakaian
Produk berbahan bengkuang bisa diaplikasikan ke wajah dan tubuh. Coba buat masker bengkuang sendiri.
Caranya: Kupas dan bersihkan bengkuang, lalu parut sampai halus. Tempelkan merata pada permukaan wajah atau area kulit yang bernoda. Diamkan sampai mengering, sekitar 40 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.(Prevention Indonesia/Intan Sari Boenarco)**

Deskripsi:
Bengkoang (Pachyrhizus erosus) sering dimanfaatkan umbinya sebagai bahan makanan atau kosmetik. Para ahli persebaran tanaman meyakini, tanaman ini berasald ari Amerika Tengah dan Selatan (Meksiko). Di Indonesia tanaman ini dibawa oleh orang Spanyol yang menguasai Filipina dan membawanya ke Ambon hingga akhirnya menyebar ke seluruh nusantara.

Kandungan:
– oligosakarida
– inulin
– antioksidan (antikanker)
– karbohidrat
– vitamin
– air

Khasiat:
– menjaga tulang dan gigi agar tidak keropos
– untuk komestik (menghilangkan flek hitam di kulit)
– mengurangi resiko kanker payudara***

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.

About these ads
Posted in: Bengkoang