Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek

Posted on March 7, 2011

0


Buah Kesemek

Buah kesemek di Inggris dikenal dengan nama persimmon dan di Cina dikenal dengan sebutan shi. Manfaat buah kesemek hampir setara dengan buah apel, bahkan buah kesemek terkadang lebih unggul dalam beberapa kandungan vitaminnya. Untuk itu, mari kita simak satu per satu.

Menjaga Tubuh Agar Tetap Langsing

Buah kesemek ternyata memiliki khasiat yang hampir sama dengan apel. Pakar kesehatan sering menganjurkan untuk mengonsumsi buah apel bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Tak disangka, buah yang selalu dianggap remeh ini ternyata bisa menggantikan posisi apel sebagai salah satu makanan sehat saat menjalankan program diet. Kandungan gizinya tak kalah hebat dibandingkan dengan buah apel. Serat yang terkandung dalanm buah kesemek

Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi satu buah kesemek setiap hari dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit jantung. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah kesemek mampu menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tidak terjadi penyumbatan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah kesemek mengandung polifenol yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Resep Obat dari Buah Kesemek

Manfaat buah kesemek yang lain adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain:

  • Hipertensi

    Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.

  • Asma dan batuk berdahak

    Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

  • Sakit perut

    Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.

  • Diare dan disentri

    Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

Membuat Kue Kesemek

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kesemek bisa juga dijadikan kue. Di Inggris kue dari yang terbuat dari buah kesemek ini dikenal dengan nama kue persimmon. Cara membuatnya adalah, pertama pilihlah buah kesemek yang kulitnya sudah berwarna kuning. Kemudian kupas kulitnya, lalu dijemur hingga kering. .

Selama proses menjemur, tekan-tekanlah buah tersebut sampai akhirnya berbentuk gepeng. Buah kesemek yang telah kering memiliki permukaan yang berwarna putih, dan inilah yang disebut kue persimmon.*

Deskripsi:
Buah Kesemek (Diospyros kaki) dipakai dalam berbagai makanan olahan terutama untuk manisan dan selai. Buah ini memang kurang populer, namun kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan sangat penting. Sekedar info, buah kesemek dicirikan dengan warna putih menyerupai bedak yang menutupi buahnya.

Kandungan:
– kalori
– karbohidarat
– serat
– gula
– sukrosa
– thiamin
– likopen

Khasiat:
Akar kesemek berkhasiat mengobati demam.**
Sumber: disarikan dari berbagai sumber.**

 

* http://www.anneahira.com/manfaat-buah-kesemek.htm

** http://health.detik.com/read/2010/03/19/151659/1321288/769/herbal-kesemek

About these ads
Posted in: Kesemek