Mangga/Mangifera spp./Mangifera indica L.

Posted on March 4, 2011

0


Mangga Arummanis

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

 

 

Mangga-Kweni-pakel

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh. *

 


Mangga Gedong/gincu

 

Mangga merupakan tanaman buah tahunan berupa pohon yang berasal dari negara India. Tanaman ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.

JENIS TANAMAN
Klasifikasi botani tanaman mangga adalah sebagai berikut:
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Keluarga : Anarcadiaceae

Mangga Golek

Genus : Mangifera
Spesies : Mangifera spp.
Jenis yang banyak ditanam di Indonesia Mangifera indica L. yaitu mangga arumanis,
golek, gedong, manalagi dan cengkir dan Mangifera foetida yaitu kemang dan kweni. **

 

 


Mangga Manalagi

 

Ternyata, mangga tak hanya dapat dimakan sebagai buah segar nan lezat lho. Buah yang satu ini berkhasiat juga sebagai desinfektan tubuh, pembersih darah, menurunkan panas badan sampai menghilangkan bau badan. Kok bisa?

Mangga mengandung gula dan sedikit asam. Nah, sejumlah asam galat itu baik bagi isi saluran pencernaan dan sangat baik untuk desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi.  Mangga pun dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu, mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan lho.

 

Buah Kemang/Mangga Kemang

 

Kandungan vitamin C, karoten dan flavonoid yang tinggi dalam mangga dapat berfungsi sebagai antioksidan, salah satunya adalah untuk mencegah kanker.***

sumber : http://www.rileks.com/tahukahkamu/index.php?&page=21&gpage=3

Mangga Cengkir-Indramayu

 

 

 

 

* http://id.wikipedia.org/wiki/Mangga

**http://www.warintek.ristek.go.id/pertanian/mangga.pdf

**http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=2&doc=2a13

*** http://masenchipz.com/manfaat-mangga

Posted in: Mangga